Arsip Kategori: Buletin Islami

Kisah Nyata Seorang Anak Masuk Penjara Garagara Berbakti Kepada Orang tuanya

Sebuah kisah nyata seorang anak di Arab Saudi. Bismillah. Hiduplah sebuah keluarga kecil yang tinggal di arab saudi dan sang bapak memiliki hutang sebesar enam ratus tiga puluh ribu real yang mengakibatkan si bapak dipenjara karena tidak sanggup membayarnya. Dalam sebuah pengadilan sang anak berkata kepada hakim, “ wahai hakim, bebaskan bapak saya dari penjara dan penjarakan lah saya, saya yang akan menanggung seluruh hutang bapak saya.”
Tidak berapa lama sang ayah meninggal, dan si anak pun dipenjara. Dan saat pengadilan sang hakim berkata “ kamu punya uang berapa untuk membayar hutang bapakmu”, dan si anak pun menjawab “ saya hanya memiiki sepuluh ribu real” dan hakim pun menimpali. “kamu jangan main-main, hutang bapakmu enam ratus tiga puluh ribu real dan jika kamu bayar tinggal enam ratus dua puluh ribu real”. Lalu ketika itu sang anak pun berkata “ biarkan saya bekerja mengumpulkan uang untuk membayar hutang bapak saya.” Dan hakim berkata “ baik saya beri kamu waktu tiga bulan untuk bekerja agar bisa melunasi hutang-hutang bapakmu.” Dan sang anak pun terperanjat “ wahai hakim saya mendapatkan sepuluh ribu itu bekerja selama sepuluh tahun, bagaimana saya bisa mengumpulkan uang enam ratus ribu dalam waktu tiga bulan ?”. dan hakim menjawab “ itu urusanmu.” Maka si anak pun bekerja.
Ketika si anak bekerja ia tidak pernah lepas dalam beristighfar, dan selama tiga bulan ia bekerja dan terus beristighfar maka ia mendapatkan dua puluh ribu. Kemudian pada saat pengadilan sang hakim berkata “ kamu dapat berapa ?,”sang anak menjawab “Cuma dapat dua puluh ribu” dan hakim menimpali “ kamu sekali lagi jangan main-main bapakmu berarti masih hutang enam ratus ribu real.” Maka sang anak pun mengatakan “ penjarakan lah saya, saya berani menebus hutang Bapak saja dengan dipenjara asalkan ruh bapak saya di terima oleh Allah subhana wata’ala.” Maka ia pun kembali masuk penjara demi untuk menggembirakan orangtua.
Maka berita itupun terdengar oleh Saudagar-saudagar kaya di Arab Saudi, dan berita itupun terkenal di jazirah Arab sehingga para Saudagar-saudagar kaya berbondong-bondong mendorong anak itu agar keluar dari penjara (gara-gara berbakti kepada orangtuanya). Sang hakim pun mengatakan “ wahai fulan ini ada cek enam ratus ribu dari orang-orang muhsinin untuk engkau agar hutang orangtuamu lunas”. Maka sang anakpun terbebas dari penjara.
Sungguh mengharukan kisah di atas dan menjelaskan kepada kita bahwa janji Allah itu pasti dan dalam surah at-Talaq “barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah Subhana Wata’ala akan memberikan jalan keluar untuknya dan memberikan rezeki dari yang ia tidak sangka-sangka”, dan dalam kisah juga kita bisa mengambil iktibar bahwa kita harus selalu beristighfar dalam melakukan hal apapun agar kita selalu berada dalam lindungan Allah subhana Wata’ala.
Cerita ini saya kutip dari Bali Mengaji
Oleh : Riyan Ramadhan Tambunan